Tanaman Industri Tebu

label

                                                       I.            NAMA
Tebu merupakan salah satu bahan pokok Nusantara, tidak hanya di Indonesia melainkan di Luar Indonesia.Untuk itu, kami telah mendapatkan sumber nama-nama Tebu di Indonesia.
Nama Indonesia : TEBU
Nama Inggris : SUGAR CANE
Nama Latin :Saccharum officinarum
Nama Jawa : ROSAN
Nama Sunda : TIWU
Nama Madura : TEBHU
Nama Bali : ISEPAN
Nama Aceh : TEUBEE
Nama Flores :TEWU
Nama Ambon : ATIHU
Nama Timor : TEPU

                                                    II.            MORFOLOGI
Sebagai penanam/ petani tebu, kita harus tahu bagaimanakah sebenarnya pohon yang kita tanam itu? Hingga dengan demikian maka kita akan bksa mwmbedakan dengan tumbuhan –tumbuhan lain bila nanti ada tumbuhan yang tumbuh meyelinap diantara tanaman yang kita tanam.

Untuk itulah kita harus benar-benar mengetahui akan ciri0ciri dari tanaman tebu. Adapun poho tebu itu sendiri mempunyai ciri-ciri sebagi berikut:
1.      Batang pohon tebu ini berdiri lurus. Pada batang ini terdiri dari beruas-ruas. Setiap ruas dengan ruas dibatasi dengan buku-buku. Kemudian disetiap buku akan kita dapati mata tunas.
2.      Pada umunya besar batang pohon tebu ini antara 3-4 cm bila diukur garis tengahnya. Sedangkan tinggunya bsa mencapai antara 2 sampai 5 meter. Pohon ini tidak bercabang. Mata tunas yang berada dibawah tanah, akan tumbuh keluar dan berbentuk rumpun. Untuk akar pohon ini sendiri tidaklah panjang disebabkan memang termasuk tumbuh-tumbuhan berakar serabut.
3.      Daun tebu bersilangan dikiri dan kanan dari batngnya daunnya panjang tak bertangkai, namun berpelapah seperti daun jagung. Helai daun terbentuk lurus dan mengecil kemudian merucing diujungnya. Daun ini agak keras dan berbulu agak kasar tepinya seperti rata, namun sebenarnya bergigi yang sangat halus.
4.      Pohon tebu ini juga bias berbunga. Bentuk bunganya seperti kerucut/piramida dengan panang lebih kurang 50-80 cm. cabang bunga tahap pertama merupakan untaian dan kemudian yang kedua merupakan tandan dan terdapat bulir-bulir yang  berpasang-pasangan, dengan panjang kurang lebih 2 sampai 4 mm. disitulah terdapat benang sari, putik dengan dua kepala putik bakal biji
5.      Buah tebu termasuk buah padi-padian. Bijinya hanyalah satu. Sedangkan lembaga besarnya hanya sepertiga dari panjang biji

Sering pula diadakan percobaan, biji tebu ditanam dikebun-kebun percobaan dengan cara mengawinkan silang. Hal ini dilakukan guna mendapatkan jenis tebu baru yg nantinya akan diharapkan menjadi bibit tebu unggul.

      Akan tetapi percobaan percobaan ini hanya dilakukan oleh para ahli perkebuan dan dilakukan ditempat tempat tertentu.Setelah kelihatan hasilnya, barulah diperkenalkan.


                                                 III.            SYARAT TUMBUH
Mengingat tanaman tebu ini adalah termasuk tanaman musiman.Juga adanya factor umur tebu yang rata-rata 12 bulan, maka untuk masa tanam nya pun harus mendapat perhatian yang serius.Karena tebu bukannya tanaman yang berdiri sendiri. Adapun maksudnya bukan berdiri sendiri ialah sebagai bahan utama pembuat gula, dan gula ini ada hubungannya yang sangat erat dengan pabrik gula
Syarat tumbuh tebu
a.       Kesesuaian iklim
Tanaman tebu dapat tumbuh didaerah beriklim panas dan sedang (daerah tropik dan subtropik) dengan daerah penyebaran yang sangat luas yaitu antara 35o LS dan 39o LU.Unsur-unsur iklim yang penting bagi pertumbuhan tanaman tebu adalah curah hujan, sinar matahari angin, suhu, dan kelembaban.
b.      Curah hujan
Berdasarkan kebutuhan air pada setiap fase pertumbuhannya, maka secara ideal curah hujan yang diperlukan adalah 200 mm perbulan selama 5-6 bulan berturutan, 2 bulan transisi dengan curah hujan 125 mm perbulan, dan 4-5 bulan berturutan dengan curah hujan kurang dari 75 mm tiap bulannya
c.       Sinar matahari
Radiasi sina matahari sangat diperlukan oleh tanaman tebu untuk pertumbuhan dan terutama untuk proses fotosinteis yang menghasilkan gula. Pada siang hari, cuaca berawan menghambat proses fotosintesis, sedangkan pada malam hari menyebabkan naiknya suhu yang bisa mengurangi akumulasi gula karena meningkatnya proses pernafasan.
d.      Angin
Angina dengan kecepatan kurang dari 10 km/jam adalah baik bagi pertumbuhan tebu karena dapat menurunkan suhu dan kadar CO2 di sekitar tajuk tebu sehingga fotosintesis tetap berlangsung dengan baik. Kecepatan angina yang lebih dari 10 km/jam disertai hujan lembab, bisa menyebabkan robohnya tanaman tebu yang sudah tinggi.
e.       Suhu
Suhu sangat menentukan kecepatan pertumbuhan tanaman tebu, sebab suhu terutama mempengaruhi pertumbuhan menebang dan memanjang tanaman ini. Suhu optimal untuk pertumbuhan tebu berkisar antara 24-30o C, beda suhu musiman tidak lebih dari 60, dan beda suhu siang dan malam hari tidak leih dari 100.
f.        Kelembaban udara
Kelembaban udara tidak banyak berpengaruh pada pertumbuhan tebu asalkan kadar air cukup tersedia di dalam tanah, optimumnya < 80%
g.      Kesesuaian lahan
Tanaman tebu dapat tumbuh dalam berbagai jenis tanah namun tanah yang baik untuk pertumbuhan tebu adalah anah yang dapat menjamin kecukupan air yang optimal.Tanah yang baik untuk tebu adalah tanah dengan solum (> 60 cm), lempung, baik yang berpasir dan lempung liat. Derajat keasaman (pH) tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tebu berkisar antara 5,5-7,0

                                                 IV.            JENIS ATAU TYPE
Jenis-jenis tebu
Untuk pohon tebu sendiri juga mempunyai beberapa jenis. Jenis-jenis tebu yang sering ditanam di tanah air ini biasanya diambil dari
·         P.O.Y. 3016
·         P.S.30.
·         P.S.41.
·         P.S.38.
·         P.S.36.
·         P.S.8
·         B.Z.132.
·         B.Z.62.
·         Dll.
Setiap jenis tebu ini mempunyai ciri-ciri tersendiri hingga dengan demikian maka kita akan dapat dengan mudah membedakannya. Sebagai contoh saja:
 Jenis P.S.30 ini berciri berwarna kuning
Jenis P.S.41 berwarna ungu dan pada pelepah daunnya berwarna hijau
Jenis B.Z berwarna ungu namun pada pelepah daunnya berwarna merah
Kemudian juga menurut hasil penyelidikan akhir-akhir ini, tebu yang kurang mempunyai kadar gula bila dibandingkan dengan jenis-jenis yang lainnya adalah jenis dari B.Z.62.
Namun dengan begiu, bukannya berarti jenis B.Z.62 itu tidak ada yang menanam sama sekali hanya saja orang akan lebih suka menanam jenis lainnya.


                                                    V.            TEKNIS BUDIDAYA
Untuk mengembangbiakan tanaman tebu ini, kita mengenal dua macam cara. Cara pertama untuk mendapatkan jenis-jenis tebu baru ialah:
·         Dengan cara memperkawinkan biji dengan silang, dan kemudian menanam darihasil perkawinan silang tersebut.
·         Adapun cara yang kedua dengan cara penyetekan. Cara ini lazimnya dengan mengumpulkan pucuk-pucuk pohon teb-alatu yang kurang lebih 3 atau 4 ruas. Kemudian daun-daun yang menutupi ruas-ruas tersebut kita hilangkan.
Alat-alat yang diperlukan dalam menanam tebu:
Sebelum kita mulai menggarap tanah dan siap menanam tebu, terlebih dahulu harus siap dengan peralatan yang nantinya akan kita pakai. Adapaun alat-alat tersebut ialah:
·         Cangkul
·         Tali ijuk
·         Garbu
·         Arit
·         Tali rafia/ijuk
·         Slondom/spade/sckop, ember, dll.
·         Meteran untuk mengukur
·         Cungkit
·         Pisau
·         Kaus tangan (buat kletek)
Bibit dan penanamannya:
Untuk menanam tebu yang baik, maka kita mengenal macam-macam bibit. Adapun macam-macam bibit tersebut adalah:
1.      Bibit setek pucuk.
Yang dimaksudkan dengan bibit setek pucuk ini adalah, bibit yang kita ambil dari pucuk tebangan tebu. Adapun panjang pucuk  yang kita ambil itu kurang lebih tiga ruas. Namun jangan sampai lupa kalau ruas pucuk itu masih ada daunnya.
Kemudian setelah kita mendapatkan bibit-bibit yang kita perlukan, maka cara penanamannya haruslah ditidurkan dengan sedikit menimbuninya dengan tanah. Sedangkan letak tunas harus disusun di sebelah kiri dan kanan.
2.      Bibit bonggol
Bibit ini kita ambil dari bagian bawah tebu yang habis ditebang.Biasanya adalah batang yang masih terpendam di dalam tanah.Untuk bibit bonggol ini, biasanya mempunyai mata 2 atau 3. Sedangkan buat cara penanaman bibit jenis ini dilakukan dengan agak miring sedikit.

                                                 VI.            HAMA ATAU PENYAKIT UTAMA SERTA PENANGGULANGANNYA
Sebagai petani atau penanam tebu, kita harus tau apa-apa yang menjadi penyakit,hama maupun gangguan pada hama tanaman kita ini. Sebab dengan lebih mengetahui hal-hal tersebut mka kita akan dapat mengatasi atau paling tidak menghindari gangguan-gangguan yang akan merugikan kita.
Adapun binatang-binatang yang sering menjadi musuh dari tanaman tebu ini diantaranya adalah babi hutan, bangbung, cacing, tikus, monyet, burung patuk, belalang, dan juga beberapa jenis ulat kecil-kecil yang suka makan daun-daun tebu yang masih muda.
Pada umumnya krusakan yang sering terdapat atau terjadi dalam cocok tanam tebu ini disebabkan karena ulah dari binatang-binatang kecil atau yang disebut bambu yang disebut bambung kecil atau wowolan.
Adapun cara tradisional untuk mengatasi binatang-binatang kecil ini dengan jalan membuat obor dan tangan lain membawa panci yang berisi air. Semua ini dilakukan pada malam hari. Tangan yang membawa obor ini harus berada agak keatas dengan tangan yang membawa panic berisi air.Kemudian kita jalan mengelilingi tanaman tebu.
Kemudian yang harus kita perhatikan lagi
Selain akar-akar muda pohon tebu yang sering mendapat serangan dari hama-hama yang berupa ulat-ulat kecil maupun bangsa kutu, adalah pada pucuk-pucuk daun yang masih muda.Juga pada pucuk-pucuk tebunya sendiri.
Adapun bahayanya dari jenis kutu-kutu atau ulat kecil-kecil ini, bilamana mereka telah mulai merusak daun maupun pucuk dari tebu itu sendiri, maka ia akan dapat pula masuk ke batang-batang tebu hingga dengan demikinan maka batang tebu yang telah kena serangan dari ulat maupun kutu itu akan kelihatan terluka membelh dan berwarna agak kemerah-merahan. Hal ini kalau saja dibiarkan terus-menerus maka pohon semakin lama akan kelihatan semakin layu dan kering dan akhirnya mati.
Penyakit lain yang disebut jamur hitam atau penyakit ananas, ini biasanya meyerang pada pohon-pohon tebu yang masih muda dan dalam masa pertumbuhan. Pohon tebu yang terkena penyakit jamur hitam ini akan mengakibatkan rasa airnya seperti rasa ananas, bau nanas.
Penyakit lain yang juga termasuk paling ditakuti oleh tanaman tebu ini disebut dengan nama penyakit “Sereh”. Pohon tebu yang terserang penyakit sereh ini mempunyai tanda-tanda kalu dibuku-bukunya keluar semacam akar. Akar itu makin lama akan makin memanjang dan kemudian tumbuh daunnya. Daun dari akar itu mirip dengan daun sereh.Penyakit ini sangat ditakuti, Karena peyakit sereh yang kemudian mengeluarkan akar dan daun itu sebenarnya merupakan benalu.Benalu-benalu untuk tanaman tebu.

                                              VII.            MANFAAT ATAU KEGUNAAN HASIL TANAMAN
Tebu biasa diolah oleh produsen gula guna memenuhi kebutuhan gula di Indonesia, pada dasarnya Tebu memang kerat kaitannya dengan gula. Kebutuhan industry gula yang meningkat menjadikan petani tebu memanfaatkan peluang usaha ini dan mendistribusikan hasil olahan tebu kepada pabrik gula. Selain untuk gula, Komoditi makanan memang memiliki kaitan khas dengan tebu seperti, Es tebu yaitu jajanan es dengan es tebu murni guna menyegarkan dahaga, lalu pancake rasa tebu. Dan lain-lain
              Oleh karena itu, kebutuhan gula yang meningkat diiringi oleh keberadaan petani tebu dan tebu yang dihasilkan akan sangat mempengaruhi pangan Indonesia.

                                           VIII.            KESIMPULAN
Kesimpulannya, Tebu yang akan diolah menjadi gula sangat penting untuk menyeimbangkan kualitas pangan Indonesia. Gula sejatinya, sangat diperlukan untuk memproduksi berbagai macam produk, terlebih pada industry makanan, produk bermerk maupun produk langsung Gula. Intinya, Tebu merupakan penunjang dalam memenuhi kebutuhan Gula dalam negeri yang juga tak kalah pentingnya dengan tanaman industri lainnya.





File Tanaman Industri Tebu Lebih Rapi.doc
==============================

Langkah - langkah download, mudah kok :
1. Klik gambar download diatas
2. Lalu akan masuk ke adf.ly
3. Tunggu selama 5detik dan klik skip
4. File siap untuk di download
==============================
Sekian yang bisa penulis bagikan, jika ada pertanyaan, kritik dan saran bisa tulis di kolom komentar demi kemajuannya blog ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kalian, salam pertanian dan terima kasih :)

Share This :



sentiment_satisfied Emoticon